Naik kereta gratis

Sebelum memulai cerita tentang kehamilan saya yang makin membesar ini, kayaknya cerita ini bakal lebih aktual. Jadi..Sabtu kemaren, temen pengajian memberikan pemberitahuan bahwa hari Minggu, layanan kereta bakal gratis. Nah sepulang pengajian, saya bercerita ke mr.A tentang perihal ini. Ya itung-itung lumayan kalau mau jalan-jalan gratis ke zona yang jauh.

Oh ya, sebelumnya saya harus cerita. Di Denmark, sistem transportasi itu dibagi atas zona-zona. Nah kita tinggal beli tiket berdasarkan berapa zona yang kita lewati atau membeli tiket dengan nilai zona tertentu (mis: tiket 2 Zona) lalu tinggal menyesuaikan saja nanti meng-klipnya. Nah saya biasanya cuma butuh tiket 2 zona,karena pusat kota berada di zona 1 dan rumah saya ada di zona 3. Hanya sesekali ke zona 4,itupun ke bandara.

Nah, akan tetapi, beberapa tempat menarik itu berada di luar zona 3 dan 4 dan artinya kalau kami berdua mau kesana, kami akan menghabiskan banyak klip dari tiket ini. Maka, dengan adanya program kereta gratis ini, kami berdua sangat bahagia sekali, karena artinya bisa menjelajah ke daerah2 diluar kota Kopenhagen.

Menurut laman milik perusahaan kereta, DSB.dk, program ini hanya berlaku pada hari minggu pertama setiap bulannya. Ini bertepatan dengan hari minggu dimana pusat perbelanjaan buka (karena biasanya pada hari minggu tidak ada toko dan pusat perbelanjaan yang buka). Sehingga mendukung keluarga untuk berekreasi atau belanja. Mungkin intinya menggerakkan perekonomian juga.

Kalau ga mau belanja ya g masalah, tinggal naik kereta duduk,berhenti distasiun terakhir dan naik lagi. Kebetulan, seorang teman sedang menginap di apartemen,jadilah kami bertiga berjalan-jalan ke salah satu pusat perbelanjaan baru di daerah zona 5. Senangnya karena ada matahari juga,walaupun dingin masih melanda.

via flickr

Saat tiba di stasiun kereta, keramaian pun terjadi. Apalagi saat naik kereta. Kami baru mendapatkan tempat duduk ditengah perjalanan. Dan saat berganti kereta, syukurnya segera mendapatkan tempat duduk. Sepanjang perjalanan saya melihat banyak sekali keluarga lengkap beserta anak-anaknya yang sepertinya memang niat memanfaatkan momen gratisan ini untuk piknik atau sekedar naik kereta.

Sesampainya ditujuan, syukurnya si pertokoan masih buka. Sempat mencari pakaian dalam untuk keperluan ibu hamil yang mulai membesar perutnya dan menemani si teman yang mencari kabel. Kalau mr.A, dia emang sudah hobinya ke mall,jadi cuma cuci mata sudah membuat dia senang (atau sebenarnya dia sedang mengirit kali ya… 🙂 ).

Sepulang kami dari naik kereta 5 zona disertai dengan naik turun tangga di stasiun sudah cukup membuat ibu hamil kecapekan. Untungnya makan malam sudah dimasak, sehingga setibanya di apartemen, saya langsung tergeletak dengan tenang di kasur.

Senang bisa merasakan layanan gratis ini. Mungkin ini penghargaan juga untuk warga yang sudah membayar pajak sebesar 37% tiap bulannya. Dan sekarang tidak sabar untuk menikmati gratisan bulan depan dan mulai mencari tempat-tempat baru yang bisa ditempuh dengan kereta. Yihaaa….

Advertisements

3 thoughts on “Naik kereta gratis

  1. Aku tinggal di perbatasan zona 3 dan zona 4. Untuk menghemat, biasanya suka jalan dikit ke bus stop di zona 3, dan pulangnya jg begitu, hitung2 jadi sehat.

    By the way zona 5 itu dimana yah? Ada mal baru kah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s