Kekurangan Vitamin D

Yap..jadi hasil pemeriksaan darah saya pada pertemuan pertama dengan dokter menunjukkan bahwa saya mengalami kekurangan vitamin D. Hasil ini menurut saya agak mengejutkan, karena sejak awal kehamilan saya tidak pernah absen mengkonsumsi suplemen vitamin D tambahan. Tapi setelah berkonsultasi, hal ini sangat mungkin terjadi pada saya yang merupakan orang Asia dan selama ini tinggal di daerah khatulistiwa.

Pertama, sebagai orang Asia, yang hidup di sekitar lintang 0 derajat, kulit saya lebih gelap dari kebanyakan orang Denmark khususnya dan Eropa umumnya. Gelapnya kulit saya, menurut dokter menunjukkan kebutuhan yang tinggi akan sinar matahari. Yang kedua, sangat dimungkinkan karena selama 4 bulan awal kehamilan saya, saya sangat jarang sekali bertemu dengan matahari, karena kebetulan trimester pertama saya berada di puncak musim dingin yang matahari hanya bersinar paling lama 6 jam dan itupun sangat dingin, sehingga kondisi ini memaksa saya untuk tidak terkena sinar matahari dan sangat memungkinkan menyebabkan saya kekurangan vitamin D meskipun saya sudah mengkonsumsi suplemen tambahan.

Untuk menghindari hal-hal yang efeknya jangka panjang seperti osteoporosis, maka dokter memberikan suplemen tambahan berupa vitamin D dosis tinggi dan menganjurkan dengan sangat (!!) untuk mengkonsusi susu atau yoghurt 0.5 liter setiap harinya untuk menghindari terjadinya kekurangan vitamin D pada janin. Untungnya saya adalah pecinta susu dan yoghurt sehingga saya sangat menikmati anjuran ini.

Dan, berbahagialah saya saat musim semi tiba,karena matahari sudah bersinar dengan gagahnya dan hangatnya mulai bisa dirasakan oleh kulit saya yang tidak putih ini.

ps: sumber makanan yang kaya vitamin D dan baik untuk ibu hamil bisa dibaca disini.

One thought on “Kekurangan Vitamin D

  1. huahh..jadi gitu ya.. apalagi kulit aku sekarang ya.. pasti kebutuhan vit D dr si mthr lebih banyak.. keep healthy bumils 😀

Leave a Reply

