Kunjungan Sundhedplejser

Sundhedplejser (SP) adalah petugas kesehatan (biasanya suster) yang tugasnya mendatangi keluarga yang memiliki bayi untuk memantau kondisi kesehatan dan perkembangan bayi dan ibu juga untuk memberikan penyuluhan kepada ibu dan ayah baru. Kurang lebih seperti posyandu bergerak. SP ini biasanya akan datang dengan jadwal tertentu. Jadwal pertamanya adalah hari ke-7. Saya dan mr.A g sabar pengen bertemu dengan SP ini,karena sebagai orang tua baru, bayak pertanyaan seputar keadaan Bhumi.

Kunjungan pertama ini banyak diisi dengan tanya jawab seputar ibu,memastikan ibu dalam keadaan sehat pasca melahirkan dan memberi arahan bagaimana menikmati hari-hari baru dengan bayi. Kemudian memastikan proses menyusui berjalan dengan baik dan bayi mendapatkan asupan makanan yang cukup. Juga memberikan masukan untuk ayah bagaimana membantu ibu dan bayi baru. Setelah itu kegiatan memeriksa bayi.

Bhumi ditimbang dan diukur panjang badannya untuk mengetahui perkembangannya,lalu dilihat kondisi fisiknya (tulang belakang,tungkai, bentuk kepala). Alhamdulillah semuanya baik, dan berat badannya sudah bertambah sejak lahir. Semua dicatat di buku kesehatan,beserta seluruh resume pertemuan hari itu. Senangnya, SP kita baik dan sangat koperatif.

Oh iya, yang paling mengesankan adalah adegan menimbang. Bhumi ditimbang seperti di posyandu dengan kain dan timbangan gantung. Walaupun sudah digital tapi tetep aja pas ngeliatnya lucu.

Nama SP nya ibu Lene. Yang saya takjub, Bhumi tampak mengerti sekali saat diajak bicara oleh Lene,padahal lene bicara dalam Dansk.

ps: Bhumi anteng selalu kalolagi ditimbang,bahkan pas dicopot jadi terkantuk-kantuk.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s