Membuat Akte Kelahiran

Ngomong-ngomong akte kelahiran,alhamdulillah pengurusan akte di CPH ga merepotkan untuk kami yg warga pendatang. Pengurusannya kurang dari 2 minggu,asal semua persyaratan telah dipenuhi.

Yang unik dari pengurusan akte lahir ini adalah keharusan memastikan nama anak yang kita ajukan disetujui oleh catatan sipil. Dan di Denmark, yang berlaku sebagai pencatatan sipil adalah kantor gereja.

Proses dimulai dengan pengisian formulir permohonan pengurusan akte yg bisa diunduh dari situs dinas kependudukan untuk diserahkan ke kantor pencatatan sipil. 3 hari kemudian kami dikirimi formulir data diri anak dan orang tua. Setelah diserahkan k kantor catatan sipil terdekat. Namun kami sempat  dihubungi oleh pihak catatan sipil,karena nama Bhumi tidak mencantumkan nama salah satu dari orang tuanya (ayahnya terutama) sebagai nama akhirnya. Setelah kami jelaskan kalau pemakaian ayah tidak biasa digunakan di keluarga kami,petugas catatan sipil pun memakluminya. Karena menurut seorang teman Indonesia disini,nama ayah atau nama keluarga sangat penting disini,dan bisa mempengaruhi diterima atau tidaknya nama anak untuk dicatatkan. Syukurnya seminggu kemudian kami mendapat surat pemberitahuan bahwa nama Malik Atharfa Bhumi diakui untuk dicatatkan. Dan alhamdulillah kami pun menerima akte kelahiran Bhumi 2 hari kemudian melalui pos,satu dalam bahasa Inggris dan satu dalam bahasa Danish.

Dan dengan selesainya akte kelahitan ini,maka Bhumi bisa membuat paspor dan resident permit. Artinya..Bhumi siap jalan-jalan.

ps. Bhumi tercatat sebagai warga negara Indonesia, walaupun lahir di Denmark. Jadi, tetep donk Bhumi anak Indonesia

Advertisements

One thought on “Membuat Akte Kelahiran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s