Thrush

Ini udah lama ingin saya share diblog,tapi ya entah kenapa ada aja yang membuat saya malas menulisnya,padahal bagi saya pun ini penting untuk dibagikan dengan sesama ibu menyusui.

Thrush. Nama ini tidak saya kenal saat saya mengalaminya, tidak pula sebelumnya. Saat Bhumi berusia 14 hari, tiba-tiba puting payudara saya terasa sakit saat awal menyusui. Mulanya saya pikir lecet walaupun saya tidak melihat ada luka. Beberapa hari kemudian, terdapat lapisan putih di bibir Bhumi yang semakin tebal dan tidak bisa dihilangkan dengan jari atau kasa.

Saya pikir,ini tidak biasa. Karena sakitnya mulai tidak biasa. Puting seperti tidak elastis saat Bhumi mulai menyusui, sakitnya terasa sampei ke punggung, puting terasa seperti terbakar dan kadangkala sangat gatal. Sangat tidak nyaman. Sampe-sampe beberapa kali saya seperti mau melarikan diri saja kalau Bhumi menunjukkan tanda-tanda haus dan ingin minum.

Alhamdulillah, petugas kesehatan yang bertugas memeriksa Bhumi datang di minggu ke-5. Saya langsung membobardir dengan pertanyaan kenapa puting saya sakit. Apakah karena posisi menyusui saya tidak benar,sehingga menimbulkan lecet atau ada penyebab lain. Dia langsung memeriksa bibir Bhumi, dan langsung bisa menyimpulkan kalau bibir Bhumi dan puting saya terkena JAMUR/YEAST. Dia bilang, kondisi sangat biasa terjadi dan harus langsung diobati karena efeknya sangat timbal balik, dari ibu ke bayi dan sebaliknya. Untungnya, setelah diperiksa dibawah sinar matahari, kondisi jamur di bibir Bhumi belum menyebar kebagian mulut, dan hanya sedikit, sehingga pengobatannya akan lebih mudah.

gambar dari sini

Malamnya saya langsung mencari di mbah Google, tentang si bibir putih pada bayi ini. Muncul beberapa gambar mirip dengan kondisi Bhumi dan menuju pada satu kata, Thrush. Menurut Dr. Sears,

Thrush is the term we use to describe an overgrowth of yeast in a baby’s mouth. This yeast, called candida, normally lives within our mouth, intestines, and genital area. It thrives in moist, warm environments. Occasionally this yeast is allowed to overgrow so much it becomes visible as white patches

Dari askDrSears.com saya membaca kalau jamur ini TIDAK BERBAHAYA. Namun harus segera ditangani dengan baik. Tanda-tanda nya juga sangat jelas terjadi pada saya, puting sakit, puting berwarna merah, terasa seperti terbakar dan gatal. Sedangkan pada Bhumi, terdapat bercak putih di bibir,yang tidak hilang dengan sekaan. Penyebabnya, bisa terjadi begitu saja atau pengunaan antibiotik yang memungkingkan jamur ini tumbuh berlebihan tanpa terdeteksi.

Syukurnya, saya mendapat waktu temu dengan dokter paling pagi. Dokterpun tampaknya sudah mengetahui kondisi umum ini dan langsung meresepkan salep yang aman ditelan bayi. Sepulang dari dokter, saya mencuci semua pakaian yang berhubungan dengan saya dan Bhumi menggunakan suhu panas, dan menjemurnya dibawah matahari (terima kasih pada matahari musim panas). Alhamdulillah, dalam 3 hari, putih di bibir Bhumi menghilang dan sakit diputing saya mulai berkurang. Pengobatan berlangsung selama 2 minggu untuk memastikan semua jamur hilang dan saya atau Bhumi tidak akan saling menulari.

Saya bersyukur,untungnya saya masih diberi waktu untuk duduk membaca dan mencari tahu di internet. Paling tidak, saya tidak buta sama sekali saat berhadapan dengan dokter, dan mengetahui langkah lanjutan dalam mencegah jamur berkembang biak.

Informasi lengkap mengenai Thrush ini bisa dibaca di AskDrSears.com

3 thoughts on “Thrush

  1. mba…. beberapa hari ini saya sepertinya mengalami hal yg sama. puting sangat sakit ketika menyusui dan ada bercak-bercak putih dibalik bibir anakku… mau tanya klo mau konsultasi ke dokter, saya harus ke dokter spesialis apa?
    trm ksih

    1. kalo disini sih, ke dokter umum. tapi kalau mau lebih advance, kayaknya ya…ke spesialis kulit. semoga cepet sembuh ya mbak, biar kembali nyaman nyusuinnya.

Leave a Reply

