17/366 : Legenda #musicmonday

Alkisah, seorang anak perempuan tinggal di sebuah kota di utara pulau Sumatera. Tiap dua tahun sekali, dia mengalami perjalanan panjang selama tiga hari tiga malam menyusuri panjangnya pulau ini untuk mengunjungi nenek – kakek dan sanak saudaranya di pulau Jawa. Hampir 1500 km ditempuh bersama orang tua dan kedua adik laki-lakinya.

Setiap dua tahun sekali, selama perjalanan panjang itu, akan ada beberapa kaset terbaru dari penyanyi kesukaan orang tuanya yang akan diputar tak berhenti siang dan malam, sampai lirik lagu-lagunya menguasai semua ruang di kepala anak perempuan ini. Entah karena lagu-lagu penyanyi ini begitu indah liriknya (dan ternyata diperuntukan untuk dewasa) atau memang karena lagunya sudah tersimpan di memori si anak, penyanyi ini juga menjadi favoritnya. Bertahun-tahun kemudian, hanya kaset-kaset dari penyanyi ini yang dibawanya pindah ke pulau sebrang dan ke kota tempat dia menimba ilmu.

Hingga suatu saat, si anak perempuan mempunyai uang sendiri untuk menonton konser si penyayi. Sayangnya, hari yang ditunggu, sang anak tidak bisa ke ibukota karena ujian semester yang tidak bisa ditinggalkan keesokan harinya.

Sampai akhirnya sang penyanyi meninggal dunia, sang anak tak pernah menyaksikan penampilan sang penyanyi secara langsung dan menjadi salah satu penyesalan terdalam dalam hidupnya.

Disaat sang anak merantau, lagu-lagu penyanyi inilah yang menemaninya mengingat perjalanan panjang dari Medan ke Lumajang, melewati Pekanbaru, Jambi, Prabumulih, menyebrangi selat Sunda dan tiba di tanah Jawa, lalu menyusuri kota-kota pantai utara Jawa sebelum tiba disebuah desa kecil, Grati.

Selamat Hari Musik Nasional, Legenda Indonesia, Chrisye. Terima kasih telah menjadi teman menjalani hari-hari diperjalanan.

ps. ternyata ini hari Selasa, takpalahya telat sehari.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s